Selasa, 30 November 2010

Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia di dalam hidupnya disamping sebagai makhluk Tuhan, makhluk individu, juga merupakan makhluk sosial. Di mana dalam kehidupannya di bebani tanggung jawab. Tanggung jawab itu sendiri merupakan sifat yang mendasar dalam diri manusia.


A.Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku dan perbuatannya yang disengaja maupun tidak sengaja sehingga ia wajib menanggung segala akibatnya. Timbulnya rasa tanggung jawab karena manusia itu hidup bergantung dengan orang lain dan lingkungan alam. Tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena menyadari perbuatan yang baik dan buruknya. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka akan ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Karena dalam tanggung jawab ada dua sisi, yaitu sisi si pembuat dan sisi kepentingan pihak lain.

B.Macam-Macam Tanggung Jawab
Tanggung jawab dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya, yaitu:

1)Tanggung jawab kepada diri sendiri
Tanggungjawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadiannya sehingga ia dapat menyelesaikan masalahnya diri sendiri.

2)Tanggung jawab kepada keluarga.
Keluarga merupakan masyarakat kecil yang terdekat dengan kita. Setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab menyangkut nama baik keluarga, keselamatan, pendidikan, kehidupan,dan kesejahteraan,

3)Tanggung jawab kepada masyarakat.
Manusia tidak dapat hidup secara individu karena pada hakekatnya manusia itu hidup sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Dengan demikian manusia sebagai anggota masyarakat mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain.

4)Tanggung jawab kepada bangsa dan negara.
Sebuah kenyataan bahwa setiap manusia adalah warga suatu negara yang diatur oleh norma-norma dan hukum. Manusia tidak dapat berbuat, bertingkah, dan bertindak semaunya sendiri. Apabila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.

5)Tanggung jawab kepada Tuhan.
Manusia harus bertanggung jawab atas apapun yang dilakukan. Karena semua tindakan manusia itu akan diminta pertanggungjawabannya di hadapan Tuhan, apabila melanggar aturan Tuhan manusia akan dikenakan hukuman.

*Wujud dari tanggung jawab adalah dapat berupa pengabdian dan pengorbanan.

a) Pengabdian
Pada hakekatnya pengabdian merupakan tanggung jawab. Jadi pengertian tanggung jawab adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat, maupun tenaga sebgai perwujudan dari rasa cinta, kasih sayang, hormat yang semua itu dilakukan dengan ikhlas.

b) Pengorbanan
Pengorbanan merupakan pemberian untuk menyatakan kebaktian yang mengandung unsur ikhlas dan tanpa pamrih yang didasarkan atas kesadaran moral .


sumber: http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar