Senin, 01 November 2010

ILMU BUDAYA DASAR DAN KESUSASTRAAN

 
    Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah pengetahuan yang mampu memberikan suatu pengertian tentang konsep manusia dan kebudayaan. Suatu karya merupakan perwujudan dari masalah ataupun perasaan, sehingga ilmu budaya dasar bukan ilmu sastra, melainkan ilmu budaya dasar menggunakan karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya. Sastra berasal dari bahasa Sanskerta yang asal katanya dari śās- yang berarti instruksi atau ajaran, sehingga kata ini dapat merujuk pada kesusastraan yang berarti sebuah jenis tulisan yang memiliki sebuah makna atau arti.
   Sastra berisi manusia dan kehidupanya,manusia dan kehidupan berkaitan dengan kehidupan sastra jadi kehidupan sastra adalah kehidupan manusia,
  Manusia sebagai antropolis yang berhubungan erat dengan sastra dalam memahami kehidupan manusia.manusia berkonflik budaya dan sastra adalah wadah menuju kedewasaan kehidupanya. 

Ilmu Budaya Dasar dan Prosa.
    
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang variasi ritmenya lebh besar dibanding puisi, serta bahasanya lebih sesuai dengan arti leksialnya.

* Prosa Lama :
1. Dongeng
2. Hikayat
3. Epos
4. sejarah

* Prosa Baru
1. Novel
2. Biografi
3. Otobiografi
4. Cerpen (cerita pendek)

Ilmu Budaya Dasar dan Puisi
   Puisi adalah ekspresi jiwa penyair mengenai Tuhan, kehidupan, dan alam dengan menggunakan bahasa yang padu dan utuh. Kata-katanya bermakna ganda (ambiguitas) dan bahasanya memiliki suasana yang sesuai dengan perasaa dan jiwa penyair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar