Senin, 01 November 2010

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Manusia sebagai makhluk Tuhan menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.


A. Manusia

Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang paling sempurna, daripada ciptaan Tuhan yang lain.Manusia terdiri dari jiwa dan raga yang dilengkapi dengan akal pikiran serta hawa nafsu. Tuhan menanamkan akal dan pikiran kepada manusia agar digunakan untuk masyarakat di sekitar mereka. Manusia diberikan hawa nafsu agar mampu tetap hidup di bumi ini. Untuk dapat hidup manusia membutuhkan sesuatu yang bersumber dari lingkungan.

B. Kebudayaan

Budaya berasal dari bahasa sanskerta "budhayah" yaitu yang berarti budi atau akal. Pengertian kebudayaan adalah sesuatu yang mempengaruhi tingkat pengetahuan yang meliputi suatu ide (gagasan) yang terdapat dalam pikiran manusia.


* Unsur Kebudayaan
Kebudayaan memiliki 7 unsur, yaitu :
1.Sistem Teknologi dan Peralatan
2.Sistem Kepercayaan ( Religi )
3.Sistem Pengetahuan
4.Sistem Organisasi Kemasyarakatan
5.Sistem Ekonomi ( mata pencaharian hidup)
6.Bahasa
7.Kesenian


* Peranan Kebudayaan
1.Sebagai pedoman antar manusia dan kelompoknya
2.Sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kemampuan
3.Petunjuk manusia untuk bererilaku dalam sebuah masyarakat
4.Sebagai dasar modal untuk pembangunan


* Kaitan antara Manusia dengan Kebudayaan
Budaya dapat tercipta dari hasil interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam semesta ini. Manusia yang menciptakan suatu kebudayaan dan saat kebudayaan itu sudah tercipta maka kebudayaan itulah yang mengatur manusia agar sesuai dengannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar